Petikan / Fingerpicking


Petikan atau fingerpicking adalah cara memainkan kunci gitar dengan cara memetik senar gitar secara bergantian atau bersamaan tergantung dari karakteristik dari sebuah lagu. Biasanya petikan dilakukan untuk mendapatkan suasan dimana orang yang diiringi dapat menghayati lagu lebih baik serta sepertinya memperlambat tempo lagu. Petikan lagu dapat diubah menurut kebutuhan lagu.
Pola petikan atau cara memetik gitar merupakan factor penting yang ada dalam petikan gitar. Petikan gitar melatih tangan kanan untuk dapat bekerja sama dengan tangan kanan. Biasanya perpindahan kunci dalam petikan dilakukan pada saat petikan mencapai bass. Biasanya tangan kiri ditandai dari jari telunjuk ke jari kelingking dengan nomor 1 sampai 4, namun tangan kanan ditandai dari jempol ke jari kelingking ditandai dengan huruf depan dari setiap jari, p atau t (thumb/jempol), i (index/telunjuk), m (middle/tengah),dan d (kelingking). Kelingking biasanya tidak digunakan dalam memainkan gitar karena penempatan tangan kanan pada senar tidak memerlukan jari kelingking. Posisi jari kanan pada senar yaitu :

  •  Jempol                :               Senar ke – 6 atau ke – 5
  • Telunjuk              :               Senar ke – 3
  • Tengah                :               Senar ke – 2
  • Manis                  :               Senar ke – 1


Jika dilihat dari posisi jari kanan, senar ke – 4 sepertinya tidak dipetik. Namun, biasanya pemain gitar dapat memetik senar ke – 4 dengan jari telunjuk atau pun jempol tergantung dari kondisi dan posisi dari jari kanan yang sedang memainkan atau mengiringi sebuah lagu. 

29 comments:

Anonim Says:
29 Mei 2013 14.33

Kak. Aku prnah liat d you tube. Org main gitar akustik, ada suara ketukkan seolah olah dia mengetuk tabung gitarnya. Tu gimana caranya ya ?

aldysyahputra.as@gmail.com

teoakustik .gitar Says:
30 Mei 2013 00.44

tinggal di tepuk aja si senar yang ada dilubangnya atau ditepuk ke badan gitarnya

Anonim Says:
7 Juni 2013 06.55

cara main lagu nya gmn?

teoakustik .gitar Says:
7 Juni 2013 09.20

lagu yang mana ya ? hehehe

Anonim Says:
10 Juni 2013 10.11

nice blog bro...

ane request lagu rohani donk,hhe...
apa aja, yang sekiranya gampang,
ane nyasar k blog punya bro gara2 nyari petikan bwt kidung,
sekian, smoga mnambah rferensi playananmu bro
GB....

Anonim Says:
19 Juni 2013 18.06

Mas teo ku dah banyak download video mu yg dr youtube . Ku belajar gitar ' pengen kaya yg ditepuk gitu kaya misalnya . Yg video mas teo yg tutorial lagu bruno mars - just the way you are . Yg pas videonya mau abis , mas teo metiknya cepet n di tepuk gtu deh kynya . Kalo ga msalnya ky lagu jason miraj . I'm yours , itu kan metiknya sambil di gimanain gitu , ku pengen ky gitu gan

siti febriyanti Says:
27 September 2013 12.39

aku bingung nih kog di youtube ada yg main metik gitar satu satu senar & ada juga yg langsung jreng jreng/ semua
itu maksudnya gimana?

teoakustik .gitar Says:
28 September 2013 07.41

klo yang semua itu cuman cara metiknya aja kok

mayo alsufi Says:
12 November 2013 16.55

Kak gmana caranya ngetahui klok kunci ini harus metik senar yg ini?

teoakustik .gitar Says:
14 November 2013 11.01

biasanya suatu petikan bersifat universal, jadi bisa pakai petikan yang mana aja tinggal di sesuaikan dengan birama dan temponya

Radhiyatam Mar Says:
26 Desember 2013 20.18

Lagu apa yg asik buat belajar petikan kk.??

teoakustik .gitar Says:
26 Desember 2013 22.23

lagu yang melow enak tuh hehe

Anonim Says:
6 Januari 2014 21.52

kk ,kl fingerstyle tu mesti harus pake gitar klasik ya??
masalah ny gini kk jari2 tangan sy tdk trlalu panjang, . apa itu berpengaruh besar kl menggunakan gitar klasik? kan neck ny lbh lebar tu..

teoakustik .gitar Says:
7 Januari 2014 09.06

nggak harus kok...
pake gitar akustik juga bisa

ashabulgafi Says:
22 Februari 2014 22.27

kak kyak mna cari melodi pake not angka?

teoakustik .gitar Says:
22 Februari 2014 23.22

coba kamu cek pelajarn melody deh hehe

Anonim Says:
24 Februari 2014 20.06

hmm...

ashabulgafi Says:
2 Maret 2014 14.56

kak ajarin dong melodinya lagu jengah pake not angka ,trus ajarin cara membacanya ya kak?

ashabulgafi Says:
2 Maret 2014 15.20

kak klw kita cari melodi tuh ada yg pake kunci bwah kan?

teoakustik .gitar Says:
2 Maret 2014 16.23

bisa2 juga kok hehe

Anonim Says:
4 Maret 2014 00.04

Kak gmana supaya wkt maen fingerpicking gk salah metik senar? Cz wkt aq maen tempo agak cepat ntar pasti ada yg mlenceng hhe.

teoakustik .gitar Says:
4 Maret 2014 00.53

@anonim dibiasain dulu aja lagu lambat, terus makin lama makin cepet, jangan langsung cepet hehe

ashabulgafi Says:
5 Maret 2014 14.16

kak ajarin melodi jengah donk?pake not angka

asep herwan noegraha Says:
17 Maret 2014 13.18

emangnya jari kelingking kanan tidak berfungsi yah?

teoakustik .gitar Says:
17 Maret 2014 22.39

bukan nggak berfungsi, tapi jarang digunakan

Anonim Says:
4 Mei 2014 22.11

kak request donk lagunya ressa herlambang menyesal.. yang petikannya itu loh

teoakustik .gitar Says:
5 Mei 2014 09.41

@anonim posting di fan page ya requestnya

fajar arief satrio Says:
14 Juni 2014 21.45

kak, lebih baik memakai jari telunjuk,tenga,manis,&jempol saja
atau ditambah kelingking

kata orang yang umumnya sampai jari saja
tapi kalok ang mahir sampai kelingking

teoakustik .gitar Says:
15 Juni 2014 19.17

@mahir juga ampe manis kok
jarang bagnet pake kelingking

Poskan Komentar